Analisis kebutuhan siswa merupakan
kegiatan yang penting dalam proses pelaksanaan BK guna mewujudkan efektif,
efisiensi sekaligus pencapaian sasaran layanan.
Jenis-jenis Layanan dalam BK
1. Orientasi, yaitu layanan yang membantu peserta
didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan madrasah/madrasah dan
obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan
memperlancar peran peserta didik di lingkungan yang baru.
2. Informasi, yaitu layanan yang membantu peserta
didik menerima danmemahami berbagai informasi diri, sosial, belajar,
karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan.
3. Penempatan
dan Penyaluran, yaitu
layanan yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang
tepat di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan,
magang, dan kegiatan ekstra kurikuler.
4. Penguasaan
Konten, yaitu layanan
yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu, terumata kompetensi dan
atau kebiasaan yang berguna dalam
kehidupan di madrasah, keluarga, dan masyarakat.
5. Konseling
Perorangan, yaitu layanan
yang membantu peserta didik dalam mengentaskan masalah pribadinya.
6. Bimbingan
Kelompok, yaitu layanan
yang membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan hubungan
sosial, kegiatan belajar, karir/jabatan, dan pengambilan keputusan, serta
melakukan kegiatan tertentu melalui dinamika kelompok.
7. Konseling
Kelompok, yaitu layanan
yang membantu peserta didik dalam pembahasan dan pengentasan masalah pribadi
melalui dinamika kelompok.
8. Konsultasi, yaitu layanan yang membantu peserta
didik dan atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara
yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau masalah peserta didik.
9. Mediasi, yaitu layanan yang membantu peserta
didik menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antar mereka.
10. Advokasi,
yaitu membantu peserta
didk memperoleh kembali hak-hak dirinya yang tidak diperhatikan dan/ atau
mendapat perlakuan yang salahsesuai dengan tuntutan karakter cerdas yang terpuji
Fungsi Layanan
dalam BK:
1.
Pemahaman, yaitu fungsi untuk membantu peserta didik memahami diri
dan lingkungannya.
2. Pencegahan, yaitu fungsi untuk membantu peserta
didik mampu mencegah atau menghindarkan diri dari berbagai permasalahan yang
dapat menghambat perkembangan dirinya.
3. Pengentasan, yaitu fungsi untuk membantu peserta
didik mengatasi masalah yang dialaminya.
4. Pemeliharaan
dan pengembangan, yaitu
fungsi untuk membantu peserta didik memelihara dan menumbuh-kembangkan berbagai
potensi dan kondisi positif yang dimilikinya.
5. Advokasi, yaitu fungsi untuk membantu peserta
didik memperoleh pembelaan atas hak dan atau kepentingannya yang kurang
mendapat perhatian.
0 komentar:
Posting Komentar